Pembelajaran Di Rumah Secara Daring Memerlukan Motivasi Orang Tua
Pekanbaru – Ketika Pandemi Covid -19 melanda di berbagai negara, termasuk Indonesia, mau tak mau anak-anak harus belajar di rumah. Seperti mimpi buruk yg berkepanjangan. Semua aspek kehidupan terkena dampak, dan tak bisa dielakkan. Dunia pendidikan pun mendapat imbasnya. Sudah 3 bulan para siswa belajar jarak jauh dengan sistem daring (dalam jaringan). Tanpa disangka dan tanpa persiapan semua pembelajaran harus dilanjutkan secara online. Sekolah, guru, siswa, dan orang tua siap tak siap harus siap demi kelanjutan pendidikan yang bermutu. Alhamdulillah sekolah-sekolah di lingkungan Yayasan Pendidikan Cendana Riau siap dan bisa melaksanakan PBM secara Online, hingga saat ujian Akhir Semester 2 selesai.
Bimbingan orang tua sangatlah penting untuk menciptakan situasi pembelajaran yang nyaman. Anak, yang awalnya mudah dalam memahami penerangan dan petunjuk guru saat di sekolah, ketika di rumah ia merasakan situasi baru. Terkadang situasi ini, menyulitkan sebagian anak dalam memahami petunjuk guru. Orang tua sangat berperan dalam membantu anak memahaminya.
Adapun yang perlu diperhatikan orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah adalah mengatur jadwal belajar anak yang disesuaikan dengan jadwal yang sudah diberikan oleh guru dalam belajar jarak jauh. Dalam arti lain anak harus disiplin mengikuti jadwal pelajaran jarak jauh yang sudah di tentukan.
Ada kalanya anak akan malas dan lalai dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, hal ini disebabkan situasi di rumah yang mereka angap sedang libur. Anak yang malas dalam belajar orang tua yang kurang memperhatikan kebutuhan anak untuk belajar. Waktu yang tidak teratur dengan baik, tidak mau tahu kesulitan belajar anak, bahkan sama sekali tidak mau memperhatikan mereka belajar, apalagi usia yang masih kecil akan menyebabkan anak tidak mau belajar dan tugas akan menumpuk. Anak akan menjadi bosan belajar apabila dipaksa mengerjakan dan kurangnya motivasi dari orang tua.
Orang tua harus sepenuhnya memberikan motivasi pada anak untuk mengerjakan tugas –tugas yang sudah diberikan guru. Untuk mendukung hal ini, guru tidak hanya memberikan tugas yang menjadi beban anak. Ia harus pula menyesuaikan cara pembelajaran yang tidak membosankan dan selalu mendorong anak supaya termotivasi dalam belajar walaupun mereka belajar di rumah.
Ini adalah salah satu hasil pembelajaran siswa kelas 2 saat belajar jarak jauh di rumah, mereka begitu bersemangat dan menghasilkan kreasi yg bagus. Pembelajaran Tematik tema 8, KD 3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Ini tidaklah terlepas dari dukungan dan kerjasama dari orang tua semuanya yang memegang peranan penting sebagai motivator di rumah.
Kita berdoa semoga pandemi ini akan cepat berlalu, dan semua aktifitas kehidupan berjalan normal kembali. Agar kegiatan pembelajaran secara tatap muka di sekolah dapat dilaksanakan dengan baik seperti sebelumnya. Aamiin.
Penulis : Emi Hidayati, S.Pd.
Guru Tematik Kelas 2 SD Cendana Rumbai