Pekanbaru – Kualitas proses pembelajaran bergantung pada kualitas guru yang bekerja di sekolah tersebut. Apabila kualitas guru di sekolah tersebut baik, mereka akan berperan sebagai agen pengubah siswanya, dan menekankan kepada kemandirian dan kreatifitas sekolah yang memfokuskan pada perbaikan proses pendidikan. Dimasa Pandemi Covid-19 yang melanda sebagian besar negara di dunia termasuk Indonesia memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk pendidikan. Apalagi di masa Pandemi Cov19 ini kemungkinan untuk belajar mentransfer ilmu kepada siswa bertemu muka secara langsung tidak akan mungkin terlaksana dengan baik, maka akan ada proses Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ). Mau tak mau kita sebagai guru harus kreatif dan inovatif mempersiapkan pembelajaran dengan baik bukan hanya memberikan tugas berupa latihan atau pun mengerjakan LKS terus menerus yang menimbulkan kejenuhan pada siswa dan bahkan membuat orang tua siswa ikut lelah dan terbebani dengan tugas latihan yang secara kontinyu diberikan.
Maka kita sebagai guru bisa mencari solusi lain dengan mencoba berbagai cara agar siswa mengerti dan memahami materi yang harus mereka kuasai untuk mempersiapkan segala kebutuhan pembelajaran, baik online maupun offline. Salah satu contoh tugas yang kita berikan bisa berupa hasil kerja nyata dari siswa tersebut . Misalnya materi IPA kelas 5 Tema 9 : Mengidentifiksi Sifat Campuran, Membedakan ZatTunggal dengan Zat Campuran ataupun Mengetahui Campuran Zat Homogen dan Zat Heterogen. Materi ini agak sulit dipahami oleh siswa tanpa bantuan guru apalagi tidak semua orang tua siswa mengerti dan memahami materi tersebut. Disini, kita sebagai guru dapat memberikan bantuan dengan memberikan langkah-langkah kerja dan siswa secara mandiri dapat melakukan berbagai kreativitas dalam pembelajaran sehingga mereka mengalami langsung atau terjun langsung untuk menemukan dan memecahkan suatu masalah sehingga mereka bisa mengambil kesimpulan dalam pembelajaran tersebut.
Salah satu contoh kerja nyata siswa tersebut dapat divideokan dan menjadi penilaian bagi guru dimana bisa melihat langsung hasil kerja siswa. Disini siswa tersebut tidak hanya mendapatkan ilmu secara nyata, namun juga mereka di latih untuk berani tampil percaya diri dan bisa berbicara menerangkan hasil dari percobaan mereka. Kita tahu bahwa anak-anak SD masih senang bermain , nah dengan pemberian tugas kerja secara nyata mereka bisa bermain sambil belajar dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi mereka. Dibawah ini saya berikan satu contoh video dari siswa yang melakukan percobaan secara mandiri. Selamat menyaksikan.
Penulis : Agustina, S. Pd
Guru Kelas 5 SD Cendana Rumbai
Mantap
Terima kasih pak🙏🏻🙏🏻